Breaking News
Loading...
Kamis, 01 Agustus 2013

"Jenazah" yang Makan-Minum Siang Hari di Bulan Ramadhan

21.13

PKS Nongsa - Kantin-kantin yang ada di Bandara Hang Nadim, Batam seperti kantin-kantin di tempat lain saat Bulan Suci Ramadhan dipagari kain penutup, konon untuk menghargai orang yang berpuasa.

Tapi saya koq melihatnya "seperti lagi ada jenazah yang sedang dimandikan". Karena didalamnya ada AURAT maka harus dilindungi dengan kain. Mereka yang tengah makan dan minum didalam kantin tersebut memang layaknya "jenazah" yang tidak berkewajiban lagi untuk berpuasa atau ibadah lainnya.

Saya pernah masuk duduk bergabung dengan teman-teman kerja di kantin itu. Serentak satu persatu  menyampaikan alasan keuzurannya kenapa tidak berpuasa. Dari yang mengaku sakit maag sampai yang merasa kesiangan sehingga tidak sempat sahur.

Uniknya lagi mereka minta maaf pada saya. "Kalian bersalahnya kepada Allah bukan kepada saya,"jawabku sambil senyum.

Bahkan saya tambahkan dengan cerita bahwa, "Sebelum berangkat kerja, saya melihat tadi pagi ada kucing lagi makan bekas Sahur kami. Waktu sepeda motor mulai saya naiki, saya juga melihat ayam didepan rumah lagi mengorek makanan di parit. Begitu juga ditengah perjalanan menuju Bandara, saya melihat di dekat bengkel tambal ban, ada anjing sedang makan bangkai biawak yang tergilas di pinggir aspal. Begitulah kucing, ayam dan anjing tetap makan dan minum di siang hari Ramadhan. Sampai akhirnya setiba di Bandara, saya menjumpai kalian makan dan minum di kantin.

Mereka terdiam semua, saya pun langsung pamit keluar.


Antho Bandara - 081277018244

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer